Model Sistem Umum perusahaan

Model
Merupakan alat yang terkenal dalam bisnis.

Arti model
Sistem konsep menampilkan sistem fisik. Sebuah model mempunyai fungsi yang sama. Model adalah abstraksi dari sesuatu. Ia menampilkan tujuan dan aktivitas yang disebut entity (kesatuan).

Jenis model
Ada empat jenis dasar dari model:
1. M fisik
2. M naratif
3. M grafis
4. M matematis

• Model fisik. Adalah penggambaran tiga dimensi dari kesatuannya. Contoh mainan anak-anak (boneka dan pesawat terbang). Dari keempat model yang ada, model fisik mungkin merupakan model yang mempunyai kegunaan paling sedikit bagi manajer bisnis. Biasanya, manajer tidak perlu melihat sesuatu dalam bentuk tiga dimensi untuk memahami dan menggunakan dalam pemecahan masalah.
• Model naratif. Sebuah jenis model yang digunakan manajer tiap hari, yang jarang dianggap sebagai model, adalah model naratif. Model naratif menjelaskan entity-nya dengan kata lesan atau tertulis. Pendengar atau pembaca dapat memahami entity dari narasi tersebut dalam bisnis, informasi tertulis dari komputer dan informasi lesan dari sistem komunikasi informasi merupakan contoh dari model naratif.
• Model grafis. Jenis model lain yang tetap dalam penggunaanya adalah model grafis. Model grafis mewakili entity-nya dengan abstraksi garis, simbol dan bentuk. Model grafis digunakandalam bisnis untuk menyampaikan informasi. Banyak laporan tahunan mengenai pemegang saham perusahaan terdiri dari grafik berwarna untuk menyampaikan kondisi keuangan perusahaan.grafik juga digunakan untuk menyampaikaninformasi kepada manajer. Keberadaan software grafik khusus untuk mikrokomputer sekarang ini lebih difokuskan perhatiannya pada penggunaan grafik dalam pemecakan masalah. Model grafis juga digunakan dalam perancangan sistem informasi. Banyak dari peralatan yang digunakan oleh analis sistem dan programer adlah bersifat grafis. Yang paling terkenal dari model ini adalah flowchart simbol flowchart mewakili proses yang akan dilakukan dan juga mewakili file input dan output.
• Model matematis. Digunakan dalam pembuatan model bisnis. Segala rumus matematika atau oersamaan adalah model matematis. Banyak model matematis yang digunakan oleh manajer bisnis bersifat lebih kompleks dari pada yang yang digunakan dalam pelajaran matematika di perguruan tinggi. Dengan penggunaan model yang begitu banyak mengakibatkan mereka menjadi bingung dan sulit menggunakannya. Sekarang ini cenderung digunakan model yang lebih kecil dan hanya dimaksudkan untuk membantu manajer dalam memecahkan masalah khusus.

Kelebihan model matematis adalah ketepatan hubungan diantara bagian dari suatu obyek dapat diekspresikan. Matematika dapat melakukan pengekspresian hubungan dengan lebih banyak dari pada yang dapat dilakukan oleh duadimensi model grafis atau tiga model fisik. Bagi ahli matematika dan manajer bisnis, yang mengetahui kekompleksan sistem bisnis, kemampuan multidimensional dari model matematis ini merupakan aset yang besar.

• Penggunaan model
Ada dua tujuan dalam penggunaan model, yaitu untuk memudahkan pemahaman dan untuk meramal.
Memudahkan pemahaman. Sebuah model tujuannya lebih sederhana dari pada entity-nya. Akan lebih mudah memahami entity jika elemennya dan hubunganya ditampilkan dengan cara yang sederhana. Sebagai contoh, peta jalan hanya menunjukkan kota, jalan raya dan danau yang besar. Tiap keempat model tersebut dapat bervariasi dalam kelengkapannya. Umumnya, model yang kurang lengkap akan digunakn jika tujuannya adalah pemahaman. Model fisik bisa hanya menampilkan fasilitas yang menjadi dya tarik, model naratif dapat berbentuk ringkasan, model diagram bisa hanya menunjukkan hubungan utamanya dan persamaan matematis bisa hanya berisi unsur primernya.
Meramal. Minat baru terhadp pembuatan model ini dikarenakan kegunaan dalam membantu pemahaman leibh sedikit dibanding dengan kemampuannya untuk meramal.karena manajer berhubungan dengan dampak potensial darikeputusan pada perusahaan, maka kemampuan melihat masa depan adalah hal yang sangat dipentingkan. Hanya model matematislah yang dapat memberikan daya ramal tersebut.
• Sistem fisik
Elemen utama dalam sistem, yaitu input, transformasi, output, dan mekanisme kontrol. Sistem fisik membedakan antara sistem terbuka dan tertutup. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dengan lingkunganya, dan sistem tertutup tidak berhubungan dengan lingkungannya. Konsep ini dapat digunakan untuk mempelajari organisasi bisnis, lingkungan, manajer dan karyawan, dan sistem informasinya.
• Sistem konsep
Ada dua macam sistem terbuka, yaitu yang dapat mengontrol operasinya sendiri, dan yang tidak biasa. Kontrol dapat dilakukan melalui alat yang berupa simpul yang dibuat menjadi sistem. Simpul ini disebut simpul feedblack, yang memberikan jalan kecil bagi signal dari sistem ke mekanisme kontrol, dan dari mekanisme kontrol kembali ke sistem. Mekanisme kontrol adalah peralatan dari beberapa jenis uang menggeunakan signal feedblack untuk mengevaluasi penampilan sistem danmenetapkan apakah dibutuhkan tindakan pembetulan.

Sistem simpul terbuka.
Jika sebuah sitem tidak mempunyai simpul feedblack atau mekanisme kontrol, maka ia disebut sistem simpul terbuka. Contohnya, pemanas ruang listrik yang kecil.
Sistem simpul tertutup.
Sistem yang memunyai simpul feedblack dan mekanisme kontrol. Simpul feedblack terdiri dari informasi. Mekanisme kontrol adalah manajemen perusahaan. Manajemen menggunakan informasi sebagaia dasar untuk membuat perubahan dalam sistem fisik.
Kontrol manajemen. Manajemen menerima informasi yang menjelaskan output sistem. Banyak laporan manajemen yang memasukkan jenis informasi ini, yaitu mengenai volume produksi, biaya distribusi, dan analisi penjualan. Karena tujuan utama perusahaan sebagai sebuah sistem adalah menghasilkan beberap jenis output, maka ukuran dari output merupakan bagian integral dari kontrol sistem.
• Penggunaan model sistem umum
Arus bahan melalui perusahaan manaufaktur dan kontrol yang dilakukan oleh manajer, seperti yang digambarkan oleh model sistem umum, keduanya sangat jelas. Model digunakan untuk menjelaskan pengecer dan organisasi yang memberikan pelayanan. Tujuan tersebut untuk menunjukkan bahwa model tersebut bersifat umum dalam arti yang sebenarnya dan memberikan struktur dasar untuk melakukan analisis terhadap berbagai jenis organisasi. Seperti supermarket dan lembaga bantuan hukum.
Pemrosesan informasi dapat berupa manual, key-driven, atau sistem berdasa komputer. Bila komputer digunakan, program disimpan dalam perpustakaan software, dan data disimpan dalam database. Jika manajer ingin mendapatkan informasi, maka ia harus mempertimbangkan relevansi, ketepatan waktu, dan kelengkapan dari informasi tersebut. Manajer menerapkan manajemen dengan pengecualian, dengan menggunakan pemroses informasi untuk memonitor sistem fisik. Dengan memasukkan standar dalam database, pemroses informasi dapat menentukan apakah penampilan sistem berada dalam wilayah atau jangkauan yang ditetapkan atau tidak.

Dasar Pemrosesan Komputer

Arsitektur komputer
Dapat menggunakan diagram sederhana untuk menggambarkan komponen komputer dasar, yaitu CPU, unit input dan output, penyimpana sekunder. CPU merupakan tempat unit penyimpanan primer, unit aritmetik dan logis, dan unit kontrol. Penyimpana primer menyimpan instruksi program yang dapat dijalankan dan data yang diproeses oleh instruksi tersebut. Unit aritmetik dan logis (ALU) menjalnkan operasi aritmetik dan logis yang diprakarsai oleh instruksi. Unit kontrol menjadikan instruksi dapat dijalankan dengan urutanyang tepat. Sistem komputer juga mempunyai satu atau lebih unit penyimpanan sekunder dan seleksi unit input dan unit ouput. Ada tiga point penting yang berhubungan dengan seleksi konfigurasi komputer tertentu. Seleksi didasarkan pada aplikasi yang dilakukan, seleksi yang dipakai oleh pemakai, dan seleksi harus sesuai kebijaksanaan.

Penyimpanan primer
Penyimpanan primer komputer dibuat dengan chip silikon. Chip MOS (metal-oxide semiconductor) ini masing-masing mempunyai kapasitas 256 kb dan dpat menyimpan data 262.144 karakter berupa angka, huruf, atau karakter khusus (persen). Rom dan Ram mengacu pada penyimpanan primer, adalah produk dari era komputer. ROM (read-only memory) membaca apa yang tersimpan dalam bagian tertentu dari penyimpanan primer, namun tidak bisa menulis. Contohnya, IBM PC versi BASIC. RAM (random access memory) menjalankan operasi baca maupun tulis. Bagian Ram pada penyimpanan primer berisi instruksi program yang sedang dijalankan dan data yang sedang diproses.

Peralatan input
Ada empat cara untuk memasukan data ke dalam komputer. Anda dapat mengoperasikan terminal keyboard yang disambungkan langsung ke komputer, dan dapat mengoperasikan peralatan keydriven yang tidak disambungkan ke komputer, data dapat dibaca secara magnetis atau optis dari dokumen atau obyek, dan dapat berbicaradengan komputer.
Peralatan keydriven online. Option inpt yang paling terkenal adalah keyboard terminal atau mikrokomputer. Istilah online mengacu pada sambungan langsung ke CPU. Keyboard mikrokomputer disambungkan ke CPU dengan kawat pendek, terminal keyboard dihubungkan dengan sambungan komunikasi data (jalur telepon). Data yang masuk pada keyboard ditransmisikan ke penyimpanan primer, yang akan diproses. Untuk memasukan data melalui keyboard, ada fasilitas dan peralatan lain yang dapat digunakan.
peralatan keydriven offline. Peralatan offline tidak disambungkan ke CPU, namun beropersi dalam cara standalone. Jika peralatan offline akan digunakan untuk membuat data agar diproses pada komputer, data harus direkam pada beberapa media komputer siap baca. Sampai akhir tahun 1970-an, option input yang paling terkenal adalah keypunch machine yang menciptakan kartu berlubang yang akan dibaca oleh pembaca kartu khusus. Mesin keypunch bersifat offline, sedangkan card reader bersifat online. Ketika penciptaan input komputer offline masih menjadi mode, unit key-to-disk dan ky-to-tape digunakan dalam organisasi yang lebih besar. Unit ini merekam data ke dalam disk magnetis atau kumparan tape magnetis, yang kemudian dapat dilekatkan pada disk drive atau unit tape online. Kelebihan utama cara ini dibanding dengan menggunakan keypunch adalah tidak adanya lagi kartu berlubang. Operasi dengan keypunch tersebut masih sangat lambat.

Otomatisasi data sumber.
Salah satu cara untuk menghilangkan kemacetaninput adalah dengan membaca data secara langsung dari dokumen atau obyek input. Istilah source data automation menjelaskan cara dokumen atau obyek diotomatisasi dengan pencetakkan karakter, sehingga dokumen tersebut dapat dibaca oleh komputer. Dua teknologi digunakan,yaitu rekognisi karakter tinta magnetis dan rekognisi karakter optis.
Rekognisi karakter tinta. Karakter dicetak dengan tinta khusus yang berisi propertis magnetis, yang akan memudahkan unntuk dibaca. Karakter magnetis cocok untuk cek, karena coretan atau tanda tambahan yang ada pada kertas tidak akan mempengaruhi dalam pembacaan. Teknik ini disebut MICR, yaitu magnetic ink character recognition. MICR memungkinkan melakukan peningkatan jumlah cek. Pendekatan atau cara ini disebut electronic fund transfer (EFT). Ide dibalik EFT ini untuk menyimpan deposit dan menariknya secara elektronis.
Rekognisi karakter optis. Karakter secara khusus dibentuk nutuk memudahkan pembacaan. Sebuah pendekatan yang dikembangkan untuk memberikan kemampuan unit input komputer membaca karakter tersebut dalam cara yang sama seperti yang dilakukan oleh mata manusia. Cara ini adalah optical karakter recognition (OCR). Menurut modelnya, unit input OCR dapat membaca huruf, angka, dan karakter khusus, serta kode ber dan tanda (benar salah). Contoh OCR yang terkenal adalah penggunaan bar code pada jenis barang makanan. OCR emungkinkan pembayaran yang lebih cepat, oleh karenanya memepercepat pengumpulan uang. MICR, EFT, dan OCR adalah cara yang digunakan oleh para pemakai komputer unutuk meninggalkan input boottleneck.
Rekognisi suara. Digunakan untuk memasukkan perintah dan data ke dalam komputer dengan berbicara melalui mikrophone yang disambungkan ke voice recognition unit. Pemakai memasukkan vocabulary ke dalam speaker-dependent sistem, dapat mengenali suara setiap orang. Perbedaan aksen merupakan hambatan yang sulit diatasi.

Peralatan output
Bentuk akhir dari beberapa bentuk output adalah menampilkan pilihan, yaitu yang ditampilkan, yang dicetak, grafik, mikrofilm, kartu berlubang.
Output yang ditampilkan. Peralatan output yang paling terkenal dengan pemakai akhir adalah display screen, yang disebut cathode-ray tube (CRT). CRTdikemas dengan keyboard untuk menghasilkan terminal CRT, yaitu peralatan yang mampu menjalankan input maupun output.
Output yang dicetak. Kelebihan utama dari layar tampilan adalah ketidakmampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut hard copy. Teknologi printer karakter yang terkenal adalah dot matrix printer yang mencetak karakter dalam bentuk titik-titik dan daisy wheel printer yang menggunakan elemen pencetakkan. Printer dot matrix dan daisy wheel disebut impact printer, karena karakter dicetak oleh elemen pencetakan yang membuat bekas pada pita tinta. Mesin tik adalah contoh bagi impact printah ini. Printer ink jet dan laser adalah nonimpact printer.
Output grafik. Peralatan output khusus yang disebut plotterdirancang untuk kebuthan arsitek. Plotter, baik disambungkan dengan CPU ataupun beroperasi secara offline, dapat menghasilkan output grafik hitam putih atau berwarna pada ukuran normal atau pada kertas yang besar. Manajer dapat menggunakan output grafik dalam memecahkan masalah. Tampilan layar akan lebih efektif jika menggunakan monitor berwarna.
Output mikrofilm. Perusahaan yag mempunyai file dokumen yang banyak sering kali menyusunnya dalam bentuk miniatur pada film fotografik. Komputer dapat menggunakan unit computer output microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm atau microfiche. Microfilm printer dapat digunakan untuk menghasilkan hard copy.
Output kartu berlubang. Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang. Kartu tersebut disebut turnaround document, dan memberi kemampuan perusahaan untuk menghindari kemacetan input ketika memasukkan data pembayaran. Ini adalah wilayah tempat OCR digunakan. Dokumen kertas yang dapat dibaca sebagai optis mengganti kartu berlubang sebagai turnaround document.
Output audio. Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar, sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi. Respon audio memungkinkan digunakannya computer sebagai system informasi jika satu-satu alat komunikasi dengan computer adalah telepon tombol.

Computer hanya merespon terhadap bahasa computer (bahasa mesin), maka harus digumakantranslator untuk mengubah program sumber yang tertulis dalam bahasa pemrograman menjadi program obyek dalam bahasa mesin. Translator yang digunakan dengan bahasa rakitan (assembly) assembler, dan yang digunakan dengan bahasa yang berorientasi masalah disebut compiler.

DATABASE

File adalah kumpulan catatan data yang mempunyai hubungan dengan subyek tertentu. Record (catatan) terdiri atas semua elemen data yang berkaitan dengan subunit dalam file. Elemen data adalah unit data terkecil, sehingga tidak dapat dipisahkan. Manjemen informasi sebagai seluruh usaha dalam perusahaan untuk menciptakan dan memelihara sumber informasi. Data adalah bahan mentah dari tempat perolehan informasi. Manajemen data merupakan subset manajemen informasi, mencakup semua aktivitas yang dilakukan untuk memastikan keakuratan dan ke up to date-an sumber data perusahaan.
Aktivitas manajemen data mencakup: pengumpulan data, verivikasi, penyimpanan, pengamanan, pengorganisasian, pemanggilan.

Penyimpanan sekunder
Penyimpana berurutan (sequential). Adalah media penyimpanan untuk mengisikan catatan yang diautr dalam susunan tertentu. Mekanisme yang digunakan untuk membaca dan menulis hanya dapat mengaskses catatan berikutnya dan tidak dapat melanghkah ataupun kembali sacara tidak urut untuk mengakses catatan (record) lain. File kartu berlubang dan file tape magnetis yang digunakan oleh komputer awal bersifat sequential. Karena file kartu berlubang secara praktis tidak digunakan lagi, maka tape magnetis menjadi satu-satunya media penyimpanan yang banyak digunakan sekarang dan harus digunakan untuk penyimpanan sequential.
Record tape magnetis. Semua elemen data yang merupakan record direkam atau dicatat secara bergantian sepanjang luas tape. Nama field digunakan untuk menerangkan ruang dalam record tempat elemen data disimpan.

Konsep database.
Database adalah kumpulan data komputer terpadu yang disusun dan disimpan dalam suatu cara sehingga mudah dipanggil. Perpaduan record secara logik dalam beberapa file ini disebut konsep database. Bila perusahaan menerapkan konsep database, maka hiraki datanya menjadi:
• Database
• File
• Record
• Elemen data

Software database.
Software yang membentuk dan memelihara perpaduan logic antara file, apakah berupa eksplisit ataupun implicit, disebut system manajemen database atau DBMS. IDS dari GE (general electric) adalah contoh pertama dari DBMS ini, dan kemudian usaha dari GE ini diikuti dari perusahaan besar, seperti IBM dan North American Aviation (sekarang Rockwell international).

Menciptakan database.
Langkah pertama dalam penciptaan database adalah menentukkan data yang akan dimasukkan. Prosesnya dimulai dengan pendefinisian masalah yang akan dipecahkan., diikuti oleh penentuan keputusan yang diperlukan untuk memecahkan masalah, diikuti oleh spesifiksi informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan, dan yang terakhir, definisi data yang dipelukan untuk menghasilkan informasi. Definisi ini didokumentasikan dengan kamus data.

Menggunakan database.
Data user (Pemakai database) dapat berupa orang atau program aplikasi. Pemakai biasanya menggunkan database dari terminal dan memanggil data dan informasi dengan menggunakan bahasa query. Istilah query digunakan untuk menjelaskan permintaan informasi dari database. Pemakai query (meminta) database. Bahasa query adalah bahasa khusus dan mudah digunakan, yang memberi kemampuan computer untuk merespon terhadap query database. Respon yang berada pada layar atau dalam bentuk hard copy bias mempunyai penampilan yang sama sebagai laporan.
Jika program aplikasi, seperti program penyajian, memanggil data dari database atau menyimpan data ke dalamnya, maka akan digunakan data manipulation language (bahasa manipulasi data) khusus (DML). Pernyataan DML digabungkan dalam program aplikasi pada point tempat ia dibutuhkan.

Model DBMS.
Tiap DBMS melakukan manajemen data dengan caranya sendiri. Sebagai contoh, beberapa diantaranya menggunakan relasi eksplisit, sedangkan sebagian yang lain menggunakan relasi implicit. Beberapa DBMS mainframe menyertaka bahasa query, sedangkan yang lain tidak. Namun demikian, sebuah model dapat digunakan untuk menunjukkan komponen utama yang secara potensial ditawarkan oleh DBMS.

Administrator database. Ada dua area spesialisasi tambahan, yaitu database dan komunikasi data. Dalam perusahaan yang besar, kedua area terdiri dari beberapa personel yang dibawahi oleh manajer. Manajer dari staff database tersebut disebut administatror database(DBA). Pada perusahaan yang kecil, tugas DBA dilakukan oleh personel part-timer dari seseorang dalam pelayanan informasi. Tugas DBA dapat dibagi menjadi 4 area utama, yaitu perencanaan, implementasi, operasi, dan pengontrolan.

Keunggulan DBMS
Perusahaan dan pemakai perorangan tertarik dengan DBMS karena ia memberikan kemempuan pada mereka untuk:
• Mengurangi kelebihan data. Jumlah total file dikurangi selagi file duplikat dihapus. Ada juga minimalisasi data biasa yang ada dalam file.
• Memadukan data dari beberapa file. Organisasi atau susunan fisik data tidak lagi menghambat pemakai dalam menerima informasi dari beberapa file.
• Memanggik data dan informasi secara cepat. Baik relasi logic dan DML maupun bahasa query memungkinkan pemakai untuk memangil data dalam beberapa detik atau menit, yang hal ini mungkin dilakukan oleh yang lain dalam waktu beberapa jam atau hari.
Meningkatkan keamanan. DNMS mainframe menyertakan beberapa tingkat pencegahan untuk keamanan.

Kelemahan DMS
Kelebihan tersebut tidak disertai dengan biaya. Keputusan untuk menggunakan DBMS mengharuskan perusahaan atau pamakai untuk:
• Mendapatkan software yang mahal. DBMS mainframe masih mahal. DBMS mikrokomputer akan tidak mahal jika dibandingakan dengan versi mainframe
• Mendapatkan konfigurasi hardware yang besar. DBMS bisanya membutuhkan kapasitas penyimpanan priner dan sekunder yang lebih besar dari pada yang dibutuhkan program aplikasi.
• Mempekerjakan dan menggaji staff DBA. Kelemahan ini kurang bisa diterapkan terhadap pemakai mikrokomputer, sebab DBMS mempunyai sifat user-friendly (kemudahan dalam penggunaan).

Mainframe dan mikrokomputer menggunakan hardisk yang dipasang secara permanen. Mikrokomputer menggunakan disket maupun hard disk yang dipasang secara permanent. Laser disk (disk laser) sekarang digunakan untuk mengganti tape magnetis untuk penyimpan historis. Jika konfigurasi computer disertai dengan penyimpanan sequential, maka hanya dapat memproses data secara batch.
Model komunikasi dasar. Bentuk komunikasui dasaryang paling umum adalah ketika seseorang berbicara dengan orang lain. Proses ini disebut model komiunikasi dasar, dan dua elemen yang paling penting adalah pengirim dan penerima. Model komunikasi dasar mewakili segala jenis komputer dari pengirim ke satu penerima atau lebih. Ketika seseorang berbicara dengan orang laim melalui telepon, telepon pengirim terlibat dalam proses pengkodean, dan jalur telepon berfingsi sebagai saluran, dan telepon penerima terlibat dalam pengkodean. Komunikasi telepon ini sesuai dengan model komunikasi dasar, tempat pembicara menggunakan sistem alamat umum sebagai coder untuk menuju kelompok yang besar. Komunikasi data berdasarkan komputer.
Komunikasi data adalah perpindahan data dan informasiyang terkode dari satu point ke point yang lain dengan menggunakan peralatan elektrik, kabel fiber, optik, atau signal mikrowave. Komunikasi data dasar skematis, ini adalah komunikasi komputer paling sederhana. Diagram ini berbeda dengan model komunikasi dasar yang komunikasinya dapat mengalir dalam dua arah. Terminal dapat berfungsi sebagai pengirim dan komputer sebagai penerima, atau sebaliknya.
Modem (modulator-demoduator) mengunah signal elektronik dari peralatan komputerisasi menjadi signal elektronik dari sirkuit telepon, dan sebaliknya.

Komunikasi Data

Sender – coder – channel – decoder – receiver
Model komunikasi data.
Diagram diatas adalah model komunikasi dasar, dan dua elemen yang paling penting adalah sender (pengirim) dan receiver (penerima). Ketika seseorang sedang berbicara dengan orang lain, pengirim menggunakan pikiran dan suaranya sebagai coder untuk mengatakan komunikasi atau message (pesan) dalam bentuk yang dapat ditransmisikan. Pesan tersebut harus melewati beberapa jenis pathtway (jalan), yang disebut channel (saluran), untuk mencapai penerima. Pesan verbal yang dikomunikasikan dalam pembicaraan. Face-to-face berjalan dalam bentuk bergelombang suara melalui udara untuk mencapai penerima. Udara adalah saluran. Ketika pesan telah sampai pada penerima, ia harus dikode. Telinga dan otak penerma berfungsi sebagai decoder.

Komunikasi data berdasarakan komputer.
Komunikasi data adalah perpindahan data dan informasi yang terkode dari satu poin ke point yang lain dengan menggunakan peralatan elektrik atau elektrikmagnetik, kabel fiber optik, atau, signal mikrowave.
Terminal modem channel modem computer
Diagram diatas menunjukkan komunikasi data dasar skematis. Ini adalah bentuk komputer paling sederhana. Diagram ini berbeda dengan model komunikasi dasar yang komunikasinya dapat mengalir dalam dua arah. Terminal dapat berfungsi sebagai pengirim dan komputer sebagai penerima, atau sebaliknya.
Modem (modulator-demodulator) dapat mengubah signal elektronik dari sirkuit telepon, dan sebaliknya. Peralatan telepon biasanya menggunakan bentuk signal analog yang menampilkan karakter dengan gelombang listrik dari berbagai frekuensi. Perbedaan nada yang anda dengar ketika anda menekan tombol telepon adalah suara frekuensi dari berbagai digit. Modem yang berada pada ujung channel dari pengirim mengubah signal komputer digital menjadi signal telepon analog. Modem pada ujung penerima mengunah kembali signal menjadi bentuk aslinya.

Peralatan komunikasi data.
Host komputer, komputer tersebut lebih besar dari pada yang satunya, dn ia merupakan komputer yang memproses data perusahaan. Ia adalah pemroses informasi dalam sistem konsep perusahaan. Komputer yang satuny biasanya dirancang secara khusus untuk menjalankan tugas datacom. Ia disebut front-end processor, dan digunakan untuk menghubungkan host ke channel.
Cluster control unit. Dimasukkan ke dalam jaringan bila jaringan tersebut mempunyai terminal yang banyak dalm satu lokasi, seperti pada bagian accounting. Unit pengontrol cluster mengontrol terminal kontrol tersebut, sehingga mereka semuanya mempunyai akses ke channel dan tak terminal yang memonopoli penggunaan channel itu.
Multiplexe. Memungkinkan channel untuk menangkap lebih dari satu pesan pada sewaktu-waktu.ia membuat channel nampak seperti jalan besar yang mempunyai beberapa jalur. Elemen lain yang ada pada jaringan yang diperluas, yaitu modem dan channel, adalah tidak asing lagi bagi komunikasi data dasar skematis.
Terminal
1. Terminal keyboard, terminal keyboard ada dua jenis, yaitu terminal yang menampilkan layar, dan terminal yang mencetak output pada kertas. Terminal yang menggunakan tampilan layar pada crt atau vdt. Terminal yang menghasilkan output dalam bentuk kertas disebut hard copy atau terminal teleprinter. Teleprinter sebenarnya adalah printer karakter mikrokomputer yang mempunyai keyboard. Teknologi dot matriks dan daisy wheeyang digunakan. Keyboard dapat digunakan untk meminta laporan, membuat query database, melakukan dialog dengan mode matematis dan expert sistem, dan menerima pengiriman elektronik. Kelebihannya untuk memberikan record yang permanen. Kelebihan crt yaitu penampilannya yang cepat. Kemampuan beberapa crt antara lain dapat menampilkan output berwarna dan bentuk grafik.
2. Telepon tombol, komputer yang dilengkapi peralatan respon audio dapat mentransmisi pesan, sehingga pemakai dapat mendengarkannya pad telepon. Dengan menggunakan telepon tombol (tidak berlaku untuk telepon putar) akan berkembang dalam penggunaanya dan akan menjadi jenis terminal yang tidak mahal. Telepon tekan digunakan untuk mentransmisi data dan instruksi ke dalam komputer.
3. Terminal point of sale, terminal point of sale digunakan dalam supermarketdan toko pengecer. Terminal ini dilengkapi alat untuk memasukkan data transaksi ke dalam database selagi terjadinya pembelian.
4. Terminal koleksi data, terminal koleksi data digunakan oleh pekerja pabrik dan digunakan dalam laporan hadir dan laporan pekerjaan. Laporan hadir dilakukan dengan mencatat waktu masuk dan keluar. Laporan pekerjaan mencakup pencatatan mulaindan berakhirya waktu kerja produksi. Terminal koleksi data diberi fasilitas ocr wand, badge reader, dan keyboard. Ocr wand dapat digunakan untuk membaca karakter dari dokumen. Bedge reader digunakan untuk membaca data yang dicatat. Penggunaan terminal koleksi data menyebabkan jenis tampilan informasiup-to date ini dapat dilakukan.
5. Terminal remote job entery, mengumpulkan dan menerima volume data. Terminal remote job entery terdiri dari unit punched card reading yang dpat membaca kartu dengan kecepatan beratu-ratus baris per menit. Terminal ini dapat digunakan untuk mengkomunikasikan data pada cabang ke computer dan menghasilkan informasi printout. Dan digunakan secara batch (pemrosesan online).
6. Terminal tujuan khusus, terminal tujuan khusus, yaitu dirancang ubtuk penggunaan tertentu seperti cash-register.

Terminal intelligent dan dumb.
Mempunyai kemampuan tambahan untuk menjalankan beberapa jenis pemrosesan. Kepintaranya ini karena didukung oleh mokroprosesor. Dari segala jenis terminal diatas, kecuali telepon tombol, dapat berupa terminal intelligent atau terminal dumb. Terminal erupakan bagian penting dari jaringan datacom. Jika jaringan tidak dapat mengurus lalu lintas datacom, maka tenggang waktu untuk menunggu respon komputer akan menjadi terganggu. Bila merancang jaringan datacom, sebaiknya spesialis informasi mengatur atau menusun hardware dan software yang memadai untuk dapat mengurus volume lalu lintas datacom.
Unit Pengontol Cluster.
Unit pengontrol cluster membuat sambungan antara terminal yang (biasanya 32 atau kurang) dan peralatan lain dan channel. UPC memberi kemampuan terminal untuk mengakses beberapa komputer melalui channel yang berbeda.
Multiplexer.
Bila beberapa terminal perlu menggunakan channel secara bersama-sama pada waktu yang sama, multiplexer dapat ditambahkan ke ujung channel tersebut.
Modem. Teknologi yang lama menampilkan data dalam bentuk analog. Teknologi yang baru menggunakan cara digital. Namun demikian, walupun signal digital digunakan, modem masih diperlukan untuk transmisi. Semua channel yang lain menyertakan modem dari berbagai jenis pada tiap ujung.
Channel.
Bila dibutuhkan channel yang menjangkau jarak yang jauh, seperti melintasi negara bagian, maka channel tersebut harus didapat darisatu common carrier atau lebih.
Local loop. Ketika signal meninggalkan modem pengirim, ia berjalan sepanjang local loop, yang memebrikan sambungan antara peralatan perusahaan dan kantor pusat perusahaan telepon yang ada di kota pengirim. Local loop biasanya terbuat dari kawat atau kabel koaksial. Ada empat kawat yang dibutuhkan dan mereka dijalin menjadi pasangan. Twisted pair, merupakan jenis sirkuit yang paling umum. Kabel koaksial, terbuat dari kawat tunggal yang ditutup dengan lapisan dan didalamnya berisi outer cylindrical shell.
Channel interxchange. Bagian channel yang menjangkau jarak yang lebih jauh adalah channel interxchange atau IXC circuit. Pada mulanya, circuit IXC berada dalam bentuk kawat yang direntangkan antara kutub telepon atau kabel logam yang di dalam tanah, yang menghubungkan kantor pusat diberbagai kota. Channel kawat dan kabel logam masih ada, namun sekarang digantikan oleh kabel fiber optis signal mikrowave. Kabel optis terbuat dari serabut kaca yang setipis rambut yang menjadi tempat lewat atau berjalannya pulsa cahaya. Ignal microwave adalah gelombang elektromagnetik sangat pndek yang ditransmisikan dengan cahaya satu jalur dan tak dapat dibelokkan menurut lekukan bumi. Stasiun transmisi yang menerima dan mengirim signal satelit disebut stasiun bumi. Channel yang dijelaskan sampai point ini maksudnya tidak lain adalah path tunggal yang dihubungkan ke host.

Fungsi front-end processor
Fungsi front-end processor sebagai unit input dari host dilakukan dengan menggabungkan atau menyusun data yang masuk dan membuat data tersebut bisa dimasukan ke host. Fungsi front-end processor sebagai unit output dari host dilakukan dengan menerima pesan untuk ditransmisikan ke terminal. Sementara kecepatan antara channel dan front-end processor secara elatif dapat lambat, kecepatan transmisi antara fron-end processor dan host bisa cepat. Beberapa front-end menjalankan message switching dengan merotasikan pesan dari satu trminal ke terminal yang lain tanpa melibatkan host. Jika, terminal penerima tidak dapat menerima pesan, maka front-end processor dapat menangkap pesan tersebut dalam menyimpan sekunder dan akan mengirimkannya kemudia yang disebut store and forward.
Host. Host memproses pesan datacom yang masuk dengan cara yang sama seperti data yang diterima dari berbagai jenis input. Setelah di proses, data dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk perotasian. Perusahaan yang menggunakan mikrokomputer dan minicomputer dapat menggunakan model konfigurasi yang paling baru.

Software komuikasi data
Software dalam host. Nama yang digunakan untuk menjelaskan software datacom dalam host adalah telecommunication monitor. Software ini melengkapi bagian sistem opeasi yang menjalankan transmisi data antara host dan front-end processor.
Software dalam front-end processor. Nama yang digunakan untuk software datacom dalam front-end processor adalah network control program atau NCP. Beberapa fungsinya antara lain:
• Menentukan apakah terminal akan menggunakan channel.
• Memelihara record aktivitas channel degan memberikan cap tanggal dan waktu untuk tiap-tiap pesan
• Mengubah kode yang digunakan oleh satu jenis peralatan ke kode lain
• Menambah dan menghapus kode rotasi
• Memelihara file history dalam pem\nyimpanan pesan sekunder yang dilakukan selama 20 menit sebelum dan sekitarnya
• Memelihara sattistik pada penggunaan jaringan

Topologi jaringan
Istilah topologi digunakan untuk menjelaskan pola jaringan tertentu. Topologi tersbeut adalah star, ring, dan hirarkis.
Jaringan star, menyertakan komputer sentral. Komputer sentral disebut central node. Node adalah point dalam jaringan tempat sirkuit dihubungkan oleh satu unit atau lebih. Beberapa node dapat berupa terminal. Bila jaringan tidak menyertakan node sentral, mak jaringan ring digunakan.
Jika ada lebih dari dua tingkatan komputer dalam suatu hirarki, maka disebut jaring hirarkis atau jaringan tree. Struktur ini khususnya digunakan dalam suatu perusahaan yang mempunyai beberapa tingkat organisasi.
Jaringan seperti star, ring, dan hirarkis biasanya disebut WAN (wide area network). Jaringan yang berskala lebih kecil dapat berada dalam tiap ketiga topologi WAN ini, dapat berdiri sendiri. Dua disainjaringan yang lebih kecil adalah local area network dan private branch exchange.

Jaringan area lokal (LAN).
Adalah jaringan distributed processing yang memungkinkan komputer yang ditempelkan atau disambungkan dapat memberikan pembagian penggunaan peralatan tambahan, seperti disk drive dan printer. LAN adalah jenis jaringan datacom yang sekarang ini banyak digunakan. Semua peralatan dan sirkuit LAN dimiliki dan doperasikan oleh perusahaan. Tapi, Jangkauan LAN hanya terbatas pada satu gedung atau beeberapa gedung dalam area yang sama.
Mengapa LAN ini populer, karena paling sering digunakan untuk otomatisasi kantor. LAN terdri atas empat mikrokomputer yang ditempatkan dalam kantor pemakai. Mikros ini dosebut workstation. Tiap worksatation dapat digunakan dalam cara stand olone, namun dapat juga mengakses peralatan penyimpanan atau peralatan output, yang disebut peripheral, yang dipasag di tempat lain yang disebut network serve atau file server. Network server dalam gambar tersebut mengontol tiga peripheral, yaitu printer letter quality, plotter dan hardisk drive.
Sirkuit LAN. Ada tiga jenis sirkuit untuk menghubungkan kabel jain ganda, kabel koaksial (kabel fiber optis). Kabel jalin ganda (twistted air) mempunya kemampuan yang terbatas. Kabel koaksial dan fiber optis dapat membawa signal video sehingga memungkinkan perusahaan untuk melakukan video conferencing, aplikasi otomasi kantor. Salah satu keunggulan kabel fiber optis sulit ditembus oleh orang yang akan melakukan pembocoran pada sirkuit. Jadi, jaringan datacom yang menggunakan kabel fiber ptis mempunyai otensi keamanan yang lebih baik dari pada jaringan yang dibentuk dengan kabel jalin ganda (kabel koaksial).

Topologi LAN.
LAN dapat disusun dalam pola star, ring dan hirarkis. Workstation dan network server dapat disambungkan ke bus, yaitu sirkuit tunggal dengan panjang yang terbatas. Software LAN software tertentu memungkinkan workstation untuk memberikan penggunaan peripheral secara bersamaan. Salah satu sistem software LAN yang paling terkenal adala netware.
Skematika komunikasi data dasar mempunyai bentuk umum yang sama sebagai komunikasi dasar. Semua komputer dan peralatan komunikasi yang saling dihubungkan disebut jaringan datacom. Jaringan yang lebih khusus terdiri atas beberapa terminal yang dikontrol oleh unit pengontrol cluster. Multiplexer dimasukkan atau ditambahkan pada tiap-tiap ujung channel untuk memberi kemampuan mentrasmisi beberapa pesan pada waktu yang bersamaan. Modem selalu dibutuhkan, lebih-lebih ketika channel mentransmisi pesan dalam bentuk digital, selain dari pada bentuk analog.