TUGAS MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

D
I
S
U
S
U
N

O
L
E
H

KELAS: 2DB07
NAMA :
 RICKY NOVY INDRIANI 31108657
 CHAIRUNISAH 30108458
 BENI CANDRA 30108414
 NUR APRILIA SYAFITRI 31108456
 IFFA . MASHFUFAH 30108987

UNIVERSITAS GUNADARMA
2010
HARDWARE & SOFTWARE
KOMPUTER

HARDWARE
A. Jenis – jenis sistem komputer
Sistem komputer tersedia dalam berbagai ukuran,bentuk,dan kemampuan komputasi. Perkembangan hardware & software yang sangat pesat dan perubahannya kebutuhan pemakaian akhir terus mendorong munculnya model komputer yang baru, dari kombinasi telepon/PDA dengan ukuran yang sangat kecil hingga main-frame multi-CPU yang sangat besar untuk perusahaan.

1. Sistem mikrokomputer
Mikrokomputer adalah katagori yang paling penting dari sistem komputer bagi pelaku bisnis dan pelanggan. Meskipun biasa disebut komputer pribadi atau PC, mikrokomputer lebih dari sekedar komputer kecil untuk pemakai individual. Daya kompuasi dari mikrokomputer sekarang ini telah melebihi daya main frame dari generasi sebelumnya, dan dengan harga yang jauh lebih murah dari pada mainframe. Jadi mikrokomputer telah menjadi tempat kerja profesional (professional workstation) yang kuat para praktisi bisnis.

Mikrokomputer tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk berbagai tujuan, misalnya PC tersedia dalam model hard held, notenook, laptop, portable, destop, dan floor standing atau berdarkan kegunaannya. PC terdiri atas sistem residensial, pribadi, profesional, tempat kerja, dan multipemakai. Kebanyakan mikrokomputer adalah desktop yang di desain untuk meja kerja atau laptop bagi mereka yang menginginkan PC yang kecil dan mudah dibawa untuk aktivitas kerja.

Beberapa mikrokomputer adalah komputer tempat kerja (tempat kerja teknis technical workstation computers) yang cukup kuat untuk mendukung aplikasi komputasi matematis yang sulit dan tampilan grafis seperti desain berbantuan komputer (computer-aided design CAD) bagu teknisi atau analisis investasi dan portofolio dalam industri sekuritas. Mikrokomputer yang lainnya digunakan dalam telekomunikasi dan pembagian sumber daya dalam jaringan area lokal (local area network LAN) kecil, serta situs Web Internet dan intranet.

2. Komputer jaringan
Komputer jaringan (network computer NC) adalah katagori mikrokomputer yang di desain untuk digunakan dengan internet dan intranet korporat oleh staf administrasi, pegawai operasional, dan staf lainnya yang memiliki kemampuan komputer yang khusus atau yang terbatas. NC adalah mikrokomputer berbiaya rendah, aman dan membentuk jaringan dengan tidak ada atau minimal penyimpanan disk. Para pemakai NC bergantung pada server intranet dan internet untuk sistem operasionalnya dan penjelajah web (web browser), software aplikasi, serta akses dan penyimpanan data.
Salah satu hal yang menarik dari komputer jaringan adalah rendahnya biaya pembelian, pembaruan, perawatan dan dukungan jika dibandingkan dengan PC fitur penuh. Keuntunsan lainnya bagi bisnis mencakup kemudahan distribusi dan lisensi software, standarisasi platform komputasi, pengurangan, persyaratan dukungan untuk pemakai akhir dan perbaikan pengelolaan malalui manajemen sentralisasi dan pengendalian sumber daya jaringan komputer di seluruh perusahaan.

B. Peralatan Informasi
Alat mikrokomputer yang besarnya hanya segenggam tangan, personal digital assitant (PDA), merupakan peralatan yang paling popular dalam kategori peralatan informasi. PDA berkemampuan Web menggunakan layar sentuh, pengenalan tulisan tangan berbasis pena, atau keypad agar pegawai yang sering melakukan perjalanan dapat mengirim dan menerima e-mail, mengakses situs Web, dan saling bertukar informasi seperti rencana pertemuan, hal-hal yang harus dilakukan dan kontak penjualan dengan PC desktop mereka atau server web.
Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk berselancar di World Wide Web atau mengirim dan meneerima e-mail dan menonton acara TV atau bermain videogame pada saat yang bersamaan. Peralatan informasi lainnya mencakup PDA nirkabel dan telepon selular yang dapat dihubungkan dengan internet dan peralatan rumah berbasis tepeon yang dapat mengirim dan menerima e-mail serta mengakses situs Web.

C. Sistem Komputer Mainframe
Sistem mainframe (mainframe system) merupakan sistem komputer yang besar, cepat dan berdaya tinggi. Misalnya, mainframe dapat memproses ribuan juta instruksi per detik. Mainframe juga memiliki kapasitas penyimpanan utama yang besar. Kapasitas memori utamanya dapat berkisar mulai ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte. Mainframe telah menjadi semakin ramping dalam beberapa tahun terakhir ini, sehingga mengurangi kebutuhan penyejuk ruangan, konsumsi daya listrik dan lantai khusus, serta biaya operasional dan harganya. Kebanyakan dari perbaikan ini merupakan hasil dari pergerakan dari mainframe dengan pendingin berbasis udara.
Komputer mainframe terus memenuhi kebutuhan pemrosesan informasi di perusahaan besar dan lembaga pemerintah dengan volume pemrosesan tingkat tinggi atau masalah komoutasi yang rumit. Misalnya, bank intrnasional utama, perusahaan penerbangan, perusahan minyak dan korporsi besar lainnya memproses jutaan transaksi penjualan dan permintaan pelanggan setap hari dengan bantuan sistem mainframe besar. Mainframe masih digunakan untuk aplikasi intensif komputasi seperti analisi data seismik dari lokasi eksplorasi minyak atau mensimulasi kondisi digunakan sebagai superserver bagi jaringan server/klien besar dan situs Web bervolume tinggi dari perusahan besar. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, mainfame menjadi platform komputasi bisnis yang semakin popular untuk penambangan data dan penggudangan serta apliksi e-commerce.

D. Konsep Sistem Komputer
Komputer lebih dari sekedar kumpulan peralatan elektronik berdaya tinggi yang melakukan berbagai tugas pemrosesan informasi. Komputer adalah sistem, kombinasi komponen yang saling berhubungan yang melakukan fungsi dasar sistem dasar, seperti input, pemrosesan, output, penyimpanan dan pengendalian. Jadi, komputer merupakan alat pemrosesan informasi bagi pemakai akhir. Pemahaman komputer sebagai sistem komputer (computer system) penting untuk mencapai penggunaan dan manajemen komputer secara efektif.
Komputer adalah sistem dari alat-alat hardware yang diatur berdasarkan fungsi sistem berikut ini:
• Input. Alat input dari sistem komputer mancakup keybooard, layar sentuh, pena, mouse pemindai dan lain-lain. Alalt-alat tersebut mengonversi data ke dalam bentuk elektronik dengan entri langsung atau melalui jaringantelekomunikasi ke dalam sistem komputer.
• Pemrosesan. Central Processing Unit (CPU) adalah komponen pemrosesan utama dari sistemkomputer. (Dalam mikrokomputer, CPU adalah mikroprosesor utama). Serta konseptual sirkiut CPU dapat dibagi menjadi dua unit utama: unit logis aritmatika dan unit pengendalian. Sirkuit elektronik (yang disebut register) dari unit logis aritmatika yang melakukan fungsi logis dan aritmatika yang dibutuhkan untuk menjalankan instruksi software.
• Output. Alat output dari sistem komputer mencakup unit tampilan visual, printer, unit respons audio dan lain-lain. Alat-alat ini mengubah informasi elektronik yang dihasilkan oleh sistem komputer menjadi bentuk yang dapat dpresentasikan ke pemakai akhir.
• Pengendalian. Unit pengendalian dari CPU adalah komponen pengendalian dari sistem komputer. Registertnya dari sirkuit lainnya menginterpretasikan instruksi sotware dan mengirim arahan yang mengendalikan aktivitas komponen lain di sistem komputer tersebut.
Dulu kecepatan operasional kompiter dihitung dalam milidetik (seperseribu dari satu detik—milisecond)dari mikrodetik (sepersejutadari satu detik —microsecond). Sekarang, komputermemiliki kecepatan nanodetik (sepersemiliar dari satu detik—nanosecond)dan beberapa komputermemiliki kecepatan pikodetik (sepertriliunan dari satu detik—picosecond). Kecepatan seperti itu nampaknya sulit dipahami. Misalnya, seorang yang brjalan dengan kecepatan satu langkah per nanodetik akan dapat mengelilingi dunia sebanyak 20 kali dalam sati detik!
Kecepatan teraflop pada beberapa superkomputer. Ukuran lain dari kecepatan pemrosesan adalah megahertz (MHz), atau jutaan putaran per detik dan gigahertz (GHz), atau miliaran putaran perdetik. Ukuran ini sering disebut berdasarkan jam dari mokroprosesor, karena digunakan untuk mengukur mikroprosesor berdasarkan kecepatan sirkuit waktunya atau jam internal.

SOFTWARE
A. Jenis-jenis Software
Fungsi utama dari software aplikasi dan software sistem yang tersedia bagi para pemakai komputer. Jenis-jenis software yang akan Anda hadapi terutama bergantung pada jenis-jenis komputer dan jaringan yang Anda gunakan, dan pada tugas khusus apa yang Anda inin capai.

1. Software Aplikasi Bisnis
Yaitu merupakan software khusus yang tersedia untuk mendukung aplikasi khusus para pemakaiakhir dalam bisnis dan bidang lainnya. Contohnya, software aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan otomatisasi proses bisnis dengan aplikasi e-business strategi seperti meanajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning, dan manajemen rantai pasokan, Contoh lainnya adalah software ysng dapat diopersikan dalam elektronik web, seperti electronic commerce, atau dalam berbagai area fungsional seperti manajemen sumber daya, akuntansi dan keuangan.Masih ada software yang lainnya yang memberdayakan para manajer dan praktisi bisnis dengan alat pendukung keputusan seperti penambang data, portal informasi perusahaan atau sistem informasi pengetahuan

2. Software Suite dan Paket Integrasi
Sebuah software suite berbiaya jauh lebih murah daripada biaya total membeli software-software di dalamnya secara terpisah. Kelebihan lainnya adalah semua program menggunakan graphical user interface (GUI) yang hampir sama untuk lambang, alat, garis status (status bar) dan seterusnya yang memeberi mereka tampilan dan rasa yang sama, serta membuat lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Software suite juga berbagi alat yang sama seperti pemeriksaan ejaan (spell checker) dan help wizard untuk meningkatkan efisiensi mereka. Kelebihan besar lainnya adalah suite porgram-programnya didesain bekerja bersama tanpa terlihat dan mengimpor masing-masing file dengan mudah, tidak peduli program apa yang sedang Anda gunakan pada saati itu. Kemampuan ini membuat suite lebih efisiendan lebh digunakan daripada menggunakan berbagai jenis software secara terpisah.
Kelemahan dari software ini adalah mengambil banyak tempat, serta biaya suite dapat berbeda-beda untuk versi penuh dari beberapa suite tersebut. Kelemahan-kelemahan ini adalah alasan untuk terus menggunakan paket terintegrasi Microsoft Word, Lotus eSuite WorkPlace, AppleWorks, dan lain-lain.Paket terintegrasi menggabungkan beberapa fungsi dari beberapa program-word processing, spreadshee, grafik presentas, manajemen database, dan lain-lain ke dalam satu paket software.

3. Penjelajah Web dan Lain-lain
Komponen software paling penting bagi banyak pemakai komputer saat ini adalah penjelajah web (web browser) yang dahulu sederhana dan terbatas, tetapi kini kuat dan kaya fitur, Sebuah penjelajah seperti Microsoft Explorer atau Netscape Navigator adalah interface software penting yang Anda gunakan untuk menunjuk dan menekan jalan Anda melalui berbagai sumber daya hyperlink perusahaan.

4. Electronic Mail dan Pesan Instan
Electronic Mail telah mengubah cara orang bekerja dan berkomunikasi. Jutaan pemakai akhir kini bergantung pada software email untuk berkomunikasi satu sama lain dan untuk menerima pesan electronik serta lampiran file melalui nternet, intranet, maupun ekstranet organisasi merka. Email disimpan pada server jaringan hingga Anda siap menggunakannya. Kapanpun Anda menginginkannya, Anda dapat membaca email Anda dengan menampilkannya pada terminal kerja Anda.
Pesan instan (instant messaging-IM) adalah teknolog gabungan email/konferensi komputer yang telah tumbuh begitu cepat hingga telah menjadi metode standar untuk pesan elektronika bagi jutaan pemakai internet di seluruh dunia. Dengan menggunakan pesan instan, sekelompok praktisi dapat mengirim serta menerima pesan elektronik secara instan, dan akhirnya dapat berkomunikasi serta bekerja sama real time dalam model sepeti bercakap-cakap.
.
5. Word Processing dan Publikasi Desktop
Software untuk word processing telah mengubah proses penulis. Software word processing telah mengubah proses penulisan. Software word processing mengkomputerisasikan pembuatan , pengeditan, revisi, dan pencetakan dokumen (seperti surat, memo dan laporan) dengan secara elektronik memproses data teks Anda (kata-kata,frase,paragraf). Software word processing terkenal Microsoft Word, Lotus WordPro, dan Corel WordPerfect dapat memberikan berbagai jenis dokumen cetak menarik melalui kemampuan publikasi desktop mereka. Software-software ini juga dapat mengubah semua dokumen ke dalam format html untuk publikasi seperti halaman-halaman WEB pada internet perusahaan atau di World Wide Web.

6. Spreadsheet Electronik
Software spreadsheet elektronik seperti Lotus 1-2-3, Microsoft Excel, dan Corel QuattroPro digunakan untuk analisis, perencanaan, dan pemodelan bisnis. Mereka membantu Anda mengembangkan spreadsheet electronik, yang merupakan lembar kerja (worksheet) dengan bari dan kolom yang dapat disimpan pada PC atau server jaringan Anda, atau diubah ke format HTML serta disimpan sebagai halaman WEB atau lembar kerja pada World Wide Web. Mengembangkan spreadsheet melibatkan pendisain dan mengembangkan berbagai hubungan (formula) yang akan digunakan dalam lembar kerja tersebut. Sebagai jawaban dari input Anda, komputr melakukan perhitungan yang dibutuhkan berdasarkan pada berbagai formula yang Anda tetapkan pada spreadsheet, dan menampilkan hasil-hasilnya dengan segera, baik di terminal kerja Anda atau melalui situs WEB. Sebagian besar software juga membantu Anda mengembangkan tampilan grafik dari hasil spreadsheet.
Contoh Anda dapat mengembangkan sebuah spreadsheet untuk mencatat dan menganalisi kinerja iklan di masa lalu dan sekarang untuk sebuah bisnis. Anda juga dapat mengembangkan hyperlink ke lembar web yang hampir sama dengan situs web milik tim pemasaran Anda.

7. Grafik Presentasi
Sebuah grafik presentasi membantu Anda mengubah data numerik menjadi tampilan grafik seperti diagram garis, grafik batang diagram kue, dan lain-lain. Sebagian dari software terkenal akan membantu Anda membuat presentasi multimedia dari grafik foto, animasi klip video, termasuk untuk publikasi ke WWW. Bukan saja tampilan grafik dan multimedia lebih mudah dipahami dan dikomunikasikan daripada data numerik, tetapi tampilan aneka warna dan media juga kan lebih menekankan poin utama, perbedaan strategis, dan tren penting dalam data tersebut. Grafik presentasi terbukti lebih efektif daripada presentasi tabular data numerik untuk pelaporan dan komunikasi dalam media perikalanan, laporan manajemen, atau untuk pelaporan dan komunikasi meia periklanan.
Software grafik presentasi seperti Microsoft Power Point, Lotus Freelance, atau Corel Presentation, memberi Anda banyak kemampuan mudah untuk digunakan, yang mendorong penggunaan grafik presentasi. Contohnya, kebanyakan Anda mendesain dan mengelola pertunjukan slide dan mengelola slideshow yang dihasilkan dengan menggunakan grafik terintegrasi dan tampilan multimedia.

8. Pengelola Informasi Personal
Pengelola Informasi Personal (Personal Information Manager-PIM) adalah software terkenal untuk produktivitas dan kerjasama antar pemakai akhir selain itu juga selain merupakan aplikasi terkenal untuk peralatan genggam personal digital assistant (PDA). Pim seperti Lotus Organizer dan Microsoft Outlook membantu para pemakai akhir untuk menyimpan mengatur, dan menarik kembali informasi mengenai pelanggan, klie dan berbagai peluang, atau menjadwalkan serta mengelola berbagai janji, pertemuan dan tugas. Software PIM akan mengatur data yang Anda masukkan dan akan menarik kembali informasi dalam berbagai bentuk , tergantung pada gaya dan struktur dari Pim tersebut serta informasi yang Anda inginkan. Contoh informasi dapat ditarik kembali dalam bentuk data keuangan penting tentang pelanggan, atau tentan peluang penjualan.

9. Groupware
Groupwareware kerja sama, yaitu software yang membantu kelompok kerja dan tim kerja bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kelompok. Groupware adalah suatu software aplikasi umum yang menggabungkan bebrbagai jenis fitur dan fungsi software utnuk memfasilitasi kerja sama. Contoh, Lotus Notes, Novell GroupWise, dan Microsoft Exchange mendukung kerja sama melalui e-mail, kelompok diskusi dan database, penjadwalanan, manajemen tugas, data, konferensi audio/video dan lain-lain.

10. Alternatif-alternatif Software
Banyak perusahaan seang mencari alternatif untuk mendapatkan memasng dan memelihara software aplikasi bisnis yang dibeli dari para penjual software atau sedang mengembangkan memelihara software buatan mereka sendiri melalui para karyawan bagian pengembangan software mereka. Perusahaan besar melakukan outsource untuk pengembangan dan pemeliharaan software yang mereka butuhkan dengan mengontrak berbagai perusahaan pemogram dan prusahaan-perusahaan pengembang software lainnya, termasuk penggunaan pengembang ssoftware asing di luar negeri, dengan menggunakan internet untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan mengelola proyek pengembangan software mereka.

11. Penyedia Layanan Aplikasi
Banyak sekali perusahaan besar yang berpaling pada penyedia layanan aplikasi (aplication service provide-ASP), sebagai ganti mengembangkan atau membeli software aplikasi yang mereka butuhkan untuk menjalankan bisnis mereka. Penyedia layanan aplikasi adalah perusahaan yang memiliki, mengoperasikan dan memelihara software aplikasi serta sumber daya sistem komputer (server, software sistem, jaringan dan personel TI) yang dibutuhkan untuk dapat menawarkan penggunaan software aplikasi sebagai layanan komersial melalui internet. ASP menagih pelanggan mereka berdasarkan pada penggunaan, atau berdasarkan pada biaya bulanan atau tahunan.

B Gambar Umum Software Sistem
Software system terdiri dari berbagai program yang mengelola dan mendukung sistem computer serta aktivitas pemrosesan informasinya. Contohnya, sistem operasi dan program manajemen jaringan berfungsi sebagai interface software penting antara jaringan computer dengan hardware, serta dengan berbagai program aplikasi para pemakai akhir

1. Sistem Operasi
Software yang paling penting untuk computer apa pun adalah sistem operasi. Sistem operasi (operating system) adalah sistem terintegrasi dari berbagai program yang mengelola operasi CPU. Kendali input/output dan sumber daya serta aktivitas penyimpanan dari sistem computer, dan yang menyediakan berbagai layanan pendukung ketika computer menjalankan program aplikasi para pemakai.
Tujuan utama dari sistem operasi adalah untuk memaksimalkan produktivitas sistem computer dengan mengoperasikannya dalam cara yang paling efisien. Sistem operasi meminimalkan jumlah campur tangan manusia yang dibutuhkan selama pemrosesan. Sistem tersebut membantu program aplikasi Anda melakukan operasi umum seperti mengakses jaringan, memasukkan data, menyimpan dan membuka file, serta mencetak atau menampilkan output.
2. Fungsi Sistem Operasi
Sistem operasi melakukan lima fungsi dasar dalam operasi sistem computer, menyediakan interface bagi pemakai, mengelola sumber daya, mengelola tugas, mengelola file, dan menyediakan layanan utilitas serta pendukung.
3. Microsoft Windows
MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) adalah sistem operasi mikrokomputer yang paling banyak dogunakan. Sistem tersebut adalah sistem operasi pemakai tunggal dan tugas tunggal, akan tetapi diberikan graphical user interface dan kemampuan terbatas multitugas dengan menggabungkan ke Windows milik Microsoft. Microsoft mulai mengganti kombinasi DOS/Window tersebut pada tahun 1995 denagn sistem operasi Windows 95, yang menampilkan graphical user interface , multitugas sesungguhnya, jaringan, multimedia, dan banyak kemampuan lainnya. Microsoft memperkenalkan versi Windows 98 yang merupalan peningkatan pada tahun 1998, dan Windows ME (Millennium Edition) sistem PC konsumen pada tahun 2000.
Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows NT (New Technology) pada tahun 1995.Windows NT adalah sistem operasi yang kuat, multitugas, dan multipemakai yang dipasang pada berbagai PC dengan kebutuhan komputasi berkinerja tinggi. Versi baru Server dan Workstation diperkenalkan pada tahun 1887. Microsoft secara mendasar meningkatkan produk Windows NT mereka dengan sistem operasi Windows 2000 pada tahun 2000.
Pada akhir tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP versi Home Edition dan versi Professional, serta kemudian menggabungkan kedua saluran sistem operasi Windows untuk pelanggan personal dan pemakai bisnis, dengan menyatukannya disekitar basis kode Windows NT dan Windows 2000.
4. UNIX
Awalnya dikembangkan oleh AT&T, UNIX kini juga ditawarkan oleh penjual lainnya, termasuk Solaris dari Sun Mycrosystem dan AIX dari IBM. UNIX adalah sistem operasi multitugas , multipemakai, dan pengelola jaringan yang kemampuan portalnya memungkinkan sistem itu untuk dioperasikan pada mainframe dan computer berskala menengah, serta mikrokomputer.
5. Linux
Merupakan sistem operasi yang mirip UNIX dengan biaya rendah tetapi kuat, yang secara cepat mendapatkan pangsa pasar dari UNIX dan server Windows sebagai sistem operasi berkinerja tinggi untuk berbagai server jaringan dan server Web dalam jaringan kecil serta besar.Linux pada awalnya dikembangkan sebagai shareware atau open-source software gratis atau berbiaya rendah di Internet pada tahun 1990 oleh Linus Tovald dari Finlandia dan jutaan pemrogram lainnyadi seluruh dunia.
6. Mac OS X
Merupakan sistem operasi terbesar dari Apple untuk iMac dan mikrokomputer Macintosh lainnya. Versi Mac OS X 10.2 Jaguar, memiliki graphical user interface canggih dan kemampuan multitugas serta multimedia, disertai dengan penjelajah Web, e-mail, pesan instan, mesin pencari, player media digital, dan banyak fitur lainnya yang terintegrasi.
C Program Manajemen Sistem Lainnya
Program utilitas, atau utilitas (utilities), adalah contoh yang penting. Program-program seperti Norton Utilities melakukan berbagai pekerjaan pengaturan dan fungsi konversi file. Contoh-contohnya meliputi pembutan cadangan data, pemulihan data, perlindungan dari virus, kompresi data, dan defragmentasi data.
Pemonitor kinerja (performance monitor) adalah berbagai program yang memonitor dan menyesuaikan kinerja dan penggunaan dari satu atau lebih sistem computer untuk menjaga mereka tetap berjalan secara efisien. Pemonitor keamanan (security monitor) adalah berbagai paket software yang memonitor dn mengendalikan penggunaan berbagai sistem computer dan menyediakan pesan peringatan serta mencatat bukti penggunaan tidak sah atas sumber daya computer. Tren akhir-akhir ini adalah menggabungkan kedua jenis program tersebut kedalam sistem operasi seperti Windows 2003 Datacenter Server dari Microsoft, atau kedalam software manajemen sistem seperti CCA-Unicenter dari Computer Associates, yang dapat mengola baik istem mainframe mupun server dalam pusat data.
Tren software penting lainnya adalah penggunaan software sistem yang disebut sebagai server aplikasi (application server), yang menyediakan interface middlware antara sistem operasi dan program dan program aplikasi dari para pemakai. Middleware adalah software yang membantu berbagai aplikasi software yang berbeda dan sistem computer jaringan untuk bertukar data serta bekerja bersama dengan lebih efisien. Contoh: server aplikasi, server Web, dan software enterprise application integration (EAI).

D Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman (programming language) memungkinkan program untuk mengembangkan serangkaian perintah yang membentuk program komputer. Banyak bahasa pemrograman yang berbeda telah dikembangkan, dengan masing-masing memiliki kata, tata bahasa, dan penggunaan yang berbeda-beda.
1. Bahasa Mesin
Bahasa mesin (atau bahasa generasi pertama) adalah tingkat paling dasar dari bahasa pemrograman. Pada tahap-tahap awal pengembangan computer, semua perintah program harus ditulis dengan menggunakan kode binary yang unik untuk setiap computer. Jenis pemrograman ini melibatkan berbagai tugas sulit untuk menulis perintah dalam bentuk untaian angka-angka binary (angka satu dan nol) atau sistem nomor lainnya.
2. Bahasa Perakitan (Assembler Language) Bahasa perakitan (atau bahasa generasi kedua) adalah tingkat berikutnya dari bahasa pemrograman. Bahasa ini dikembangkan untuk mengurangi serbagai keulitan dalam menulis program dengan bahasa mesin. Penggunaan bahasa perakitan membutuhkan program penterjemah bahasa yang disebut perakit (assembler) yang memungkinkan sebuah computer untuk mengubah perintah dari bahasa symbol karena berbagai symbol digunakan untuk mewakilikode operasi dan lokasi penyimpanan. Singkatan alfabetis yang mudah disebut mnemonics (pembantu memori) dan symbol-simbol lainnya,mewakili kode operasi, lokasi penyimpanan, dan berbagai elemen data. Contoh: komputasi X = Y + Z. Pemrogram system, yaitu orang yang memprogram software system (bedakan dengan pemrogram aplikasi, yaitu orang yang memprogram software aplikasi), karena fitur tersebut member mereka lebih banyak kendali serta fleksibilitas dalam mendesain sebuah program untuk computer tertentu. Mereka kemudian dapat menghasilkan sofrware yang minimum untuk melakukan tugas pemrosesan tertentu.
3. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa tingkat tinggi (atau bahasa generasi ketiga) menggunakan berbagai perintah, yang disebut sebagai pernyataan, yaitu menggunakan berbagai pernyataan singkat atau istilah aritmatika. Pernyataan individual bahasa tingkat tinggi sebenernya merupakan perintah makro (macroinstruction); yaitu setiap pernyataan menghasilkan beberapa perintah mesin yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa mesin oleh program penerjemah bahasa tingkat tinggi yang disebut sebagai compiler atau penerjemah (interpreter). Pernyataan bahasa tingkat tinggi mirip dengan frase atau istilah matematis yng dibutuhkan untuk menulis masalah atau prosedur yang sedang deprogram. Sintaksis (kosa kata, tanda baca, dan aturan tata bahasa) dan semantik (arti) dari pernyataan semacam itu tidak mencerminkan kode internal dari computer tertentu. Contohnya, untuk komputasi X = Y + Z akan deprogram dalam bahasa tingkat tinggi seperti BASIC dan COBOL. Bahasa tingkat tinggi seperti BASIC, COBOL, dan FORTRAN lebih mudah untuk dipelajari dan deprogram daripada bahasa perakitan, karena mereka memiliki aturan, bentuk dan sintaksis yang lebih luwes.

4. Bahasa Generasi Keempat
Istilah bahasa generasi keempat menjelaskan jenis bahasa pemrograman yang lebih non procedural dan lebih berbentuk percakapan daripada bahasa-bahasa sebelumnya. Bahasa ini dosebut sebagai bahasa generasi keempat (fourth-generation language 4GLs) untuk membedakannya dari berbagai bahasa mesin (generasi pertama), bahasa perakitan (generasi kedua), dan bahasa tingkat tinggi (generasi ketiga).
Sebagian besar bahasa generasi keempat adalah bahasa non procedural yang mendorong para pemakai dan pemrogram untuk menspesifikasikan hasil yang mereka inginkan, sementara computer menetapkan urutan perintah yang akan dapat mencapai hasil tersebut. Jadi, bahasa generasi keempat telah membantu menyederhanakan proses pemrograman. Bahasa natural kadang kala dianggap sebagai bahasa generasi kelima (fifth-generation language-5GLs), dan sangat mirip dengan bahasa inggris atau bahasa manusia lainnya. Aktivitas penelitian dan pengembangan dalam hal kecerdasan artificial (artificial intelligence-AI) mengembangkan bahasa pemrograman mirip manusia yang mudah digunakan seperti perbincangan biasa dalam bahsa asli. Contohnya, INTELECT, sebuah bahasa natural, akan menggunakan pernyataan seperti, “what are the average scores in MIS 200?” untuk memprogram tugas sederhana pembuatan nilai rata-rata hasil ujian. Kemudian penggunaan 4GLs didapat dengan tanggungan risiko hilangnya beberapa fleksibilitas.

5. Bahasa yang Berorientasi pada Objek
Bahasa yang berorientasi pada objek (object-oriented programming-OOP)
Seperti Visual Basic, C++, dan Java juga dianggap sebagai bahasa generasi kelima dan telah menjadi alat yang paling umum untuk pengembangan software. Singkatnya, sementara kebanyakan bahasa pemrograman memisahkan berbagai elemen data dari prosedur atau tindakan yang akan dilakukan atas mereka, bahasa OOP menyatukan mereka bersama kedalam objek.
E Bahasa dan Layanan Web
HTML, XML, dan Java adalah tiga bahasa pemrograman yang merupakan alat penting untuk membangun halaman Web, situs Web, dan aplikasi berbasis Web dengan multimedia. XML dan Java telah menjadi komponen yang strategis dari teknologi software yang mendukung banyak usaha layanan Web dalam bisnis.

1. HTML
HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pendeskripsi halaman yang menciptakan dokumen-dokumen hypertext atau hipermedi. HTML memasukkan kode-kode pengendali dalam sebuah dokumen pada berbagai poin yang dapat Anda spesifikasikan, yang dapat menciptakan hubungan (hyperlink) dengan bagian lain dari dokumen tersebut atau dengan dokumen lain yang berbeda di World Wide Web. HTML memasangkan kode-kode pengendali dalam teks ASCII dari dokumen yang menentukan judul, subjudul, grafik, komponen multimedia dan juga hyperlink dalam dokumen tersebut.
2. XML
XML (eXtensible Markup Language) bulkan bahasa pendeskripsi isi dari halaman-hlaman Web (termasuk berbagai dokumen bisnis yang didesain untuk digunakan dalam Web) dengan cara mengaplikasikan etiket pengidentifiksi atau label kontekstual (contextual label) pada data dalam dokumen Web. Contohnya, halaman Web dari sebuah agen perjalanan dengan nama penerbangan akan menggunakan etiket tersembunyi XML seperti “nama penerbangan” dan “waktu penerbangan” untuk mengelompkkkan setiap waktu penerbangan pesawat dihalaman tersebut. Atau, data persediaan produk yang tersedia dalam sebuah situs Web dapat diberi label dengan etiket seperti “merek”, “harga”, dan “ukuran”. Melalui klasifikasi data semacam ini, XML membuat informasi disitus Web jauh lebih dapat dicari, dipilih, dan lebih mudah untuk dianalisis.
3. Java
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasikan pada objek buatan Sun Microsystem yang merevolusi pemrograman dari berbagai aplikasi World Wide Web serta intraner dan ekstraner perusahaan. Java berhubungan dengan bahasa pemrograman C++ dan Objective C, tetapi lebih sederhana dan lebih aman, serta melakukan komputasi standar secara independen. Java juga secara khusus didesain untuk aplikasi jaringan real-time interaktif dfan berbasis Web. Aplikasi-aplikasi Java terdiri dari beberapa program aplikasi kecil, yang disebut dengan applets, yang dapat dijalankan oleh computer apapun dan operasi apapun dalam sebuah jaringan.
Kemudahan untuk menciptakan applet Java dan mendistribusikannya dari server jaringan ke PC klien dan computer jaringan, adalah salah satu alas an utama dari kepopuleran Java. Applet dapat berupa program aplikasi kecil bertujuan khusus atau modul-modul kecil dari program aplikasi Java yang lebih besar. Program-program Java juga berstandar independen-mereka dapat beroperasi dalam system Windows, UNIX, dan Macintosh tanpa perlu modifikasi. Versi terbaru dari Java adalah Java2 Enterprise Edition (J2EE).
4. Layanan Web
Layanan Web adalah komponen software yang didasarkan pada kerangka kerja Web dan standar berorientasi pada objek serta teknologi untuk dapat menggunakan Web agar secara elektronik menghubungkan berbagai aplikasi dari pemakai yang berbeda dan standar komputasi yang berbeda. Jadi, layanan web dapat menghubungkan berbagai fungsi bisnis utama untuk pertukaran data secara realtime dalam aplikasi berbasis web yang dapat dibagi sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok dan mitra bisnis lainnya. Contoh, layanan web akan memungkinkan aplikasi pembelian dari suatu perusahaan untuk menggunakan web agar secara cepat memeriksa persediaan seorang pemasok sebelum memasukkan pesanan dalam jumlah besar, sedangkan aplikasi penjualan dari pemasok dapat menggunakan layanan web untuk secara otomatis memeriksa peringkat kredit dari perusahaan tersebut dari sebuah agen pelaporan kredit, sebelum menyetujui pembelian tersebut.

F Software Pemrograman
Penerjemah bahasa pemrograman adalah berbagai program yang menerjemahkan program program lainnya kedalam kode printah bahasa mesin yang dapat dijalankan oleh computer. Paket software lainnya, seperti editor bahasa pemrograman, disebut sebagai alat pemrograman.
1. Program penerjemah bahasa
Bahasa pemrograman diterjemahkan oleh penerjemah bahasa kedalam bahasa mesin milik computer sebelum mereka dapat diproses, atau dijalankan, oleh CPU. Program penerjemah bahasa pemrograman (atau, language processor) dikenal dengan banyak nama. Perakit (assembler) menerjemahkan berbagai kode perintah simbolis dari program yang ditulis dalam bahasa prakitan, kedalam perintah bahasa mesin, sementara compiler menerjemahkan pernyataan bahasa tingkat tinggi.
Penerjemah adalah jenis khusus dari compiler yang menerjemahkan dan menjalankan setiap pernyataan dalam program secara bersamaan, sebagai ganti menghasilkan pertama tama program bahasa mesin seperti yang dilakukan compiler dan perakit. Java adalah contoh dari bahasa yg diterjemahkan. Jadi, perintah program dalam applet java diterjemahkan dan dijalan kan sambil jalan (on–the-fly) ketika applet sedang dijalankan oleh PC klien.
2. Alat pemrograman
Proses pengembangan softwere dan computer telah ditingkatkan dengan menambahkan graphical programming interface dan berbagai kemampuan pengembangan bawaan.

About these ads